Perkuat Pikiran

7 Tips dan Trik untuk Memunculkan Kepercayaan Diri

Ketika kamu melihat orang yang tampil percaya diri, kamu mungkin bertanya bagaimana dia bisa begitu percaya diri? Apakah itu bawaan lahir? Apakah itu pilihan? Apakah itu sebuah keahlian? Lalu bagaimana kamu bisa memiliki kepercayaan diri seperti orang tersebut? berikut ini tips dan trik agar dapat memiliki kepercayaan diri.

  1. Perkuat Pikiran

Perkuat PikiranSumber: Encounter.health

Percaya diri adalah keadaan pikiran yang dapat dicapai melalui tindakan yang disengaja. Alokasikan waktu untuk memelihara pikiran, tubuh, dan jiwamu (idealnya satu jam sehari) dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membaca, berolahraga, dan bermeditasi di pagi hari. Jika kamu tidak meluangkan waktu untuk diri sendiri, maka kamu mengizinkan seseorang atau sesuatu untuk membentuk pandangan kamu tentang dunia.

  1. Buang Pikiran Negatif yang Tidak Kamu Butuhkan

Buang Pikiran Negatif yang Tidak Kamu ButuhkanSumber: Jordanmholmes.com

Semua cabang psikologi yang baru didedikasikan untuk kesadaran, tetapi bermuara pada hal ini: Pikiran negatif dan rasa tidak aman muncul seperti jerawat. Dan, seperti jerawat, mengatasinya, bahkan jika kamu bermaksud menghilangkan dan menghancurkan gelembung negatif itu, pada akhirnya malah membuatnya semakin buruk. Jadi, latihan kesadaran mengajarkan kamu untuk memperlakukan pikiran sebagai alat. Gunakan dan perkuat yang kamu butuhkan; buang yang tidak kamu tidak perlukan.

  1. Ketahui Kekuatan dan Kelemahanmu

Ketahui Kekuatan dan KelemahanmuSumber: Mystarjob.com

Ketika kamu belajar tentang siapa dirimu, kamu mendapatkan kepercayaan dari kekuatanmu dan juga belajar apa yang menjadi kelemahanmu.

Mempelajari siapa dirimu tidak terjadi dalam semalam. Untuk jelasnya, mungkin sulit untuk mengetahui bagian mana dari dirimu yang merupakan dirimu, dan bagian mana yang menurutmu seharusnya menjadi dirimu.

Awal yang baik adalah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahanmu dan kemudian timbang mana dari keduanya yang berlawanan dengan apa yang kamu nikmati.

Mungkin mendaftar lima hal yang dapat kamu lakukan dengan baik yang kamu nikmati dan lima hal yang ingin kamu lakukan dengan baik dapat membantumu. Berusahalah untuk memanfaatkan sebagian dari daftar pertama dan kerjakan beberapa dari yang kedua setiap hari. Saat kamu menggunakan kekuatanmu dan meningkatkan ketika ada ruang untuk tumbuh, kamu akan mengembangkan rasa percaya diri dan kepuasan secara bersamaan.

  1. Pelajari Cara Menerima Pujian

Pelajari Cara Menerima PujianSumber: Mentalandbodycare.com

Tidak apa-apa untuk menerima pujian. Tidak peduli seberapa besar atau seberapa kecil pujian itu, ucapkan terima kasih.

Jangan mengabaikan pujian. Terimalah, akui, dan sadari bahwa kamu layak menerima pujian itu. Ini sulit, terutama setelah bertahun-tahun tidak menerima. Dengan latihan, bentuklah kebiasaan baru untuk berterima kasih, dan dengan anggun, mengakui orang yang mengagumimu.

  1. Kelilingi Dirimu dengan Dukungan

Kelilingi Dirimu dengan DukunganSumber: Girardatlarge.com

Apakah ada pengisap kehidupan di duniamu? Yaitu satu teman atau anggota keluarga yang beraura negatif yang membuatmu sedih atau membuat buruk suasana hatimu hanya dengan berada di dekatnya?

Jauhkan diri dari orang semacam itu. Kelilingi dirimu dengan mereka yang membuat kamu merasa nyaman dengan diri sendiri. Ya, ini sulit. Ini akan menjadi hal tersulit untuk dilakukan.

Tidak tahu orang yang dapat membuatmu merasa bahagia? Temukan mereka. Tidak peduli seberapa besar kepercayaan kamu pada diri sendiri, teman yang bukan benar-benar temanmu akan menghancurkan kepercayaan diri itu. Pindah lingkungan itu, dan buat masa depan yang baru dan percaya diri untuk diri sendiri.

  1. Buat keputusan

Buat keputusanSumber: Canada.businesschief.com

Tidak ada formula ajaib untuk merasa percaya diri. Percaya diri bukan sesuatu yang dibawa sejak lahir. Kurangnya kepercayaan itu universal. Tetapi keputusan paling berdampak yang hanya bisa dibuat olehmulah yang memutuskan bahwa kamu adalah orang yang percaya diri.

Adalah panggilan jiwamu untuk menjadi orang yang percaya diri. Tidak ada orang lain yang bisa melakukannya untukmu.

  1. Rangkul Ketidaktahuan

Rangkul KetidaktahuanSumber: Learning-mind.com

Keyakinan berasal dari ruang kerendahan hati. Keyakinan itu muncul ketika kita berani melihat dunia melalui lensa alternatif. Hal itu tumbuh ketika kita memiliki keberanian untuk merangkul pengalaman yang tidak diketahui dan yang tidak dapat diketahui.

Orang sering berpikir bahwa percaya diri berarti mengetahui bahwa kamu dapat menciptakan hasil yang kamu inginkan. Dalam batas tertentu memang demikian, tetapi gagasan ini tidak berlaku universal bagi siapa pun. Tidak peduli seberapa berbakat, cerdas, atau mampu dirimu, kamu tidak dapat memprediksi atau mengendalikan segala sesuatu yang terjadi dalam hidupmu.

Bahkan orang yang percaya diri pun kehilangan pekerjaan, hubungan, dan terkadang, kesehatan mereka.

Keyakinan berasal dari mengetahui kompetensi dirimu, tetapi mengakui bahwa kompetensi tidak sepenuhnya bertanggung jawab untuk menciptakan duniamu. Ketika kamu melepaskan beban itu dari bahumu dan menyadari bahwa kadang-kadang liku-liku tidak ada hubungannya dengan apa yang kamu lakukan atau seharusnya dilakukan, keahlian yang kamu miliki membuatmu lebih mudah percaya diri.