Cara Mudah Untuk Mempersiapkan Anak Anda Dengan Kegiatan Alam Sebelum Masuk TK

Setiap orang tua saat ini mungkin merasakan tekanan untuk membantu anak mereka “maju.” Karena itulah banyak lembaga dan para ahli pendidikan yang berlomba untuk menawarkan metode untuk meningkatkan keterampilan anak-anak sebelum bersekolah. Untuk alasan ini, banyak anak saat ini menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan atau dalam kegiatan yang terorganisir dan, akibatnya, lebih sedikit waktu bermain di area bermain yang dipasang pihak yang jual playground anak di luar ruangan.

Cara Mudah Untuk Mempersiapkan Anak Anda Dengan Kegiatan Alam Sebelum Masuk TK

Ternyata, alam menjadi guru yang hebat, dan hari-hari yang cerah di luar ruangan dapat memberikan pengajaran yang berguna ketika anak-anak berkembang menjadi orang dewasa. Penelitian menunjukkan bahwa berhubungan dengan alam menawarkan banyak manfaat bagi anak-anak yang jauh dari sekadar bersenang-senang di bawah sinar matahari.

Setiap hal yang mereka lakukan di luar sangat penting untuk perkembangan otak. Setiap kali mereka membuat penemuan di luar, ada hal-hal indah yang terjadi. Mereka belajar lebih banyak di luar daripada yang mereka lakukan di dalam ruangan.

Menanggapi orang tua yang bertanya bagaimana mempersiapkan anak-anak mereka untuk sekolah, Gordon menulis “Pelajaran Alam untuk Persiapan Menuju TK .” Berikut contoh dari daftar nya:

  • Pengembangan Konsep : Bantu anak Anda untuk mengenali nama dan warna, seperti yang ada di pohon, burung, dan bunga. Gunakan pengalaman alam sederhana sebagai inspirasi menggambar, menyanyi, melukis, dan menari. Bantu dia memahami konsep masuk, keluar, di bawah, di atas, di luar, dan banyak lagi. Misalnya, “Lompati genangan air. Apakah ada kumbang di bawah batu?”
  • Perkembangan Fisik Otot Besar dan Kecil : Anak-anak menikmati bermain di luar seperti berlari, melompat, menuruni lereng yang kecil, dan mengendarai sepeda. Untuk mengembangkan otot kecil, buat koleksi “harta karun alam” seperti batu kecil, ranting, atau bulu, dan atur di atas nampan. Tanam biji menggunakan alat kecil, sesuai umur, dan jaga agar tanah tetap lembab dengan botol semprot. Gunakan krayon untuk membuat cetakan bentuk daun atau kulit pohon diatas kertas.
  • Pengembangan Konsep Angka : Atur daun, batu atau cangkang dalam kelompok sesuai dengan ukuran atau bentuk. Kelompokkan barang-barang alam yang sama – sekelompok kerang, sekelompok batu, dan lain-lain. Atur barang-barang alam dalam urutan ukuran – kecil ke besar atau besar ke kecil. Bantu anak Anda memahami konsep besar, lebih besar, terbesar, dan kecil, lebih kecil, terkecil. Tunjukkan pohon terbesar, dan tanyakan “Apakah pohon ini lebih besar dari yang itu?” Hitung dedaunan, burung, biji, atau kerikil.

 

Bantu dia memahami konsep waktu dengan menyaksikan matahari terbit dan terbenam, dan temukan kapan bayangan terpanjang atau terpendek di siang hari. Gunakan frasa yang menyertakan kata-kata seperti cepat, besok, dan nanti.

  • Pengembangan Bahasa : Baca cerita atau nyanyikan lagu-lagu sederhana yang berkaitan dengan pengalaman alam yang Anda miliki. Bicarakan tentang pengalaman Anda dengan alam. Dorong anak Anda untuk mengarang cerita sendiri tentang binatang, bulan, awan, dan hal-hal alami lainnya.

Gunakan bahasa deskriptif saat Anda berbicara dengan anak Anda. (“Itu pohon yang luar biasa dengan cabang-cabang besar dan kuat.”) Berikan lebih dari satu instruksi sekaligus untuk membangun keterampilan pemahaman. (“Letakkan tanah di pot tanaman, lalu jatuhkan bijinya.”) Sediakan krayon, kertas berwarna, atau kapur tulis, dan dorong anak Anda untuk menggambar sesuatu yang terinspirasi dari alam terbuka.

  • Perkembangan Sosial dan Emosional : Seorang anak yang memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman alam yang sederhana dengan orang dewasa akan mengembangkan rasa kagum, takjub dan rasa hormat terhadap Bumi. Mereka akan menikmati menjelajahi dan menemukan hal-hal baru, yang mengarah pada kegembiraan belajar seumur hidup. Mereka juga akan mengembangkan rasa ingin tahu, imajinasi dan kreativitas, kemampuan pengamatan yang kuat dan kemampuan untuk membuat koneksi.

 

Dengan mengembangkan kemampuan anak Anda di luar ruangan, mereka akan belajar hal-hal baru dari lingkungannya. Selain itu, Anda juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk anak Anda.