Cara tes kehamilan bekerja

Kamu pikir kamu hamil?

Hanya perlu satu sperma untuk membuahi sel telur. Mengetahui apakah hal itu terjadi atau tidak semudah mengambil tes kehamilan yang dijual bebas.

Ada beberapa cara untuk mengumpulkan urin Anda untuk tes. Tergantung pada tes yang Anda pilih, Anda mungkin harus:

Kumpulkan urin Anda dalam cangkir dan celupkan tongkat penguji ke dalam cairan

Kumpulkan urin Anda dalam cangkir dan gunakan pipet untuk memindahkan sedikit cairan ke wadah khusus

Tempatkan tongkat penguji ke dalam area aliran urin agar bisa terkena aliran urin Anda

Setelah waktu tunggu yang disarankan telah berlalu, tespek akan menampilkan hasil Anda dengan salah satu cara berikut:

  • perubahan warna
  • sebuah garis
  • simbol, seperti plus atau minus
  • kata-kata “hamil” atau “tidak hamil”

Cara tes kehamilan bekerja

Seberapa cepat Anda bisa melakukan tes kehamilan?

Anda harus menunggu untuk menjalani tes kehamilan sampai seminggu setelah periode yang terlewatkan untuk hasil yang paling akurat.

Jika Anda tidak ingin menunggu sampai Anda melewatkan menstruasi, Anda harus menunggu setidaknya satu hingga dua minggu setelah berhubungan seks. Jika Anda hamil, tubuh Anda perlu waktu untuk mengembangkan tingkat HCG yang terdeteksi. Ini biasanya memakan waktu 7 hingga 12 hari setelah implantasi telur berhasil.

Anda mungkin menerima hasil yang tidak akurat jika tes dilakukan terlalu awal dalam siklus Anda.

 

Berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda harus mengikuti tes kehamilan.

 

  1. Anda melewatkan menstruasi Anda

Salah satu tanda kehamilan pertama dan paling dapat diandalkan adalah menstruasi yang terlewat. Tetapi Anda juga harus tahu siklus menstruasi Anda, karena bila tidak Anda akan mengalami kesulitan untuk mencari tahu apakah Anda hamil atau tidak. Pertimbangkan untuk mengikuti tes jika sudah lebih dari sebulan sejak periode terakhir Anda.

Perhatikan juga aliran Anda jika Anda mencurigai kehamilan. Merupakan hal yang biasa untuk mengalami pendarahan ringan atau bercak pada minggu-minggu awal ketika telur mengubur lebih dalam ke lapisan rahim selama implantasi. Perhatikan perbedaan warna, tekstur, atau jumlah darah.

Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami pendarahan dan tespek positif hamil.

  1. Anda menderita kram

Anda akan merasakan kram yang mirip dengan kram yang biasa Anda alami saat akan menstruasi, tetapi yang ini disebabkan oleh implantasi. Pada masa awal hamil, Anda juga mungkin berpikir bahwa Anda akan mengalami menstruasi setelah mengalami gejala tersebut tetapi tidak kunjung datang. juga dapat menghasilkan perasaan yang mirip dengan kram menstruasi.

Terdengar akrab? Ikuti tes. Tingkat hormon bervariasi menurut wanita dan kehamilan.

 

  1. Payudara Anda sakit

Hormon estrogen dan progesteron akan dihasilkan lebih banyak pada saat hamil karena untuk mendukung pertumbuhan bayi. Payudara Anda mungkin terasa lunak dan tampak lebih besar karena peningkatan aliran darah. Puting Anda mungkin sakit dan pembuluh darahnya mungkin terlihat lebih gelap di bawah kulit.

 

  1. Anda merasa berbeda

Anda juga biasanya mengalami gejala mual, nafsu makan yang tidak tentu, mudah lelah dan sering buang air kecil disamping rasa kram dan sakit pada payudara. Gejala seperti ini biasanya akan berlangsung pada trimester pertama.

 

  1. Kontrasepsi Anda gagal

Jangan terlalu percaya dengan pil KB, kondom, atau jenis alat kontrasepsi lainnya, mereka tidak menjamin akan mencegah kehamilan secara maksimal. Dengan kata lain, selalu ada sedikit peluang untuk hamil, tidak peduli seberapa hati-hati Anda.

 

Terlepas dari preferensi pengendalian kelahiran Anda, pertimbangkan untuk melakukan tes jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda yang telah kami daftarkan.