Dampak Pabrik Tas Bandung Terhadap Perekonomian Kota dan Masyarakat Sekitar

Berbicara soal ekonomi, ternyata industri-industri kecil dan besar yang berada di suatu kota memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian suatu wilayah. Jadi, bisa dikatakan bahwa maju dan mundurnya perekonomian suatu daerah ditentukan oleh pengaruh dari industri ini.

Dampak Pabrik Tas Bandung Terhadap Perekonomian Kota Dan Masyarakat Sekitar

Salah satu industri yang berkembang sangat pesat terutama di Bandung adalah pabrik tas Bandung. Adanya perkembangan industri ini ternyata tidak bisa lepas dari berbagai macam faktor keberhasilan dari industri ini seperti permodalan, ketersediaan bahan baku, tenaga kerja, sarana dan prasarana dan berbagai faktor penentu lainnya,

Tidak hanya berpengaruh terhadap perekonomian, namun adanya pabrik tas Bandung juga berpengaruh terhadap perluasan lapangan kerja. Bahkan adanya industri juga dapat meningkatkan pendapatan bagi para tenaga kerja sehingga mampu menumbuhkan suatu kemandirian dalam hal perekonomian. Lebih menariknya lagi, para pekerja ini juga bisa menghasilkan perekonomian lain.

Secara tidak langsung, dengan munculnya pabrik-pabrik tas yang ada di Bandung hal ini ternyata bisa meningkatkan pendapatan daerah. Saat pendapatan daerah meningkat, maka daerah tersebut dinyatakan mengalami kemajuan terutama dalam hal perekonomian.

Sayangnya, permasalahan yang sering muncul pada pabrik-pabrik tas Bandung adalah daya beli masyarakat yang masih rendah, karena kebanyakan mereka lebih suka menggunakan tas dengan brand yang terkenal.

Sehingga kadang untuk jenis tas yang berkualitas seperti tas fashion banyak masyarakat yang tidak menggunakannya, terutama dari kalangan kelas menengah ke atas. Tidak hanya itu, modal yang terbatas juga sering menjadi kendala bagi para pemilik pabrik dalam mengembangkan usahanya.

Lemahnya manajemen juga seringkali menjadi faktor penghambat pertumbuhan ekonomi suatu pabrik. Sehingga saat manajemen rendah, maka hasil yang didapatkan juga rendah. Serta kurangnya sarana dan prasarana yang memadai membuat tas-tas yang diproduksi kadang masih kalah dengan keluaran luar negeri.

Meskipun demikian, namun keberadaan industri pabrik tas ini ternyata sangat membantu perekonomian masyarakat di wilayah tersebut. Dengan berdirinya pabrik tas Bandung yang tersebar di berbagai wilayah secara otomatis dapat membuka peluang usaha bagi orang lain.

Misalnya saja peluang usaha untuk membuka warung makan, membuka toko tas, membuka kos-kosan atau kontrakan, membuka laundry dan masih banyak lainnya. Jadi, dalam hal ini bisa dikatakan bahwa bukan hanya pekerja pabrik saja yang diuntungkan dan mengalami peningkatan perekonomian.

Namun, masyarakat sekitar yang tidak bekerja di pabrik tas Bandung juga mendapatkan keuntungan. Mereka bisa membuka usaha dengan adanya pabrik tersebut. Yang pastinya dalam sebuah usaha mau itu pabrik besar maupun kecil tentunya memiliki dampak baik bagi perekonomian masyarakat maupun lainnya.

Dampak ini juga bisa positif dan negatif karena tidak ada hal yang sempurna. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan Anda juga lebih termotivasi untuk meningkatkan perekonomian daerah dengan mendirikan pabrik.