Keamanan Taman Bermain Yang Perlu Anda Perhatikan

Lokasi taman bermain dan set permainan di luar ruangan memberikan udara segar, teman, dan olahraga bagi anak-anak. Jadi, penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa peralatan yang salah, permukaan yang tidak tepat, dan perilaku yang ceroboh tidak mengacaukan kegembiraan anak-anak.

Keamanan Taman Bermain Yang Perlu Anda Perhatikan

Setiap tahun, lebih dari 200.000 anak dirawat di UGD rumah sakit karena mereka terluka saat bermain di taman bermain. Kecelakaan ini dapat dicegah jika mereka diawasi dengan benar. Anda dapat menciptakan taman bermain yang menghibur dan aman untuk anak-anak Anda dengan memeriksa peralatan untuk kemungkinan bahaya dan mengikuti beberapa pedoman keselamatan sederhana dalam artikel ini.

Mengajarkan anak-anak untuk bermain tanpa mengabaikan keselamatan mereka sendiri itu penting. Mereka cenderung tidak akan terluka jika mereka tahu aturan bermain di taman bermain,.

Pengawasan Orang Dewasa

Orang tua yang selalu mengawasi anak-anaknya agar menggunakan alat permainan dengan aman dan mengajarkan perilaku yang baik di tempat bermain tentunya dapat mencegah terjadinya kecelakaan. Walau terjadi kecelakaan sekalipun, orang dewasa yang selalu mengawasi dapat langsung memberikan bantuan yang sesuai untuk anak-anak di taman bermain.

Anak-anak harus selalu memiliki pengawasan orang dewasa di taman bermain. Anak-anak muda (dan terkadang yang lebih tua) tidak selalu bisa menilai kondisi sekitarnya dengan baik dan tidak mampu meramalkan situasi berbahaya sendiri. Mereka yang umurnya lebih tua pun cenderung mencoba sesuatu yang membahayakan saat bermain. Jadi kehadiran orang dewasa sangat penting agar anak-anak dapat bermain dengan aman.

Sebelum Anda berkunjung ke area bermain, pastikan bahwa lokasi tersebut dirancang agar orang dewasa dapat mengawasi anak-anak dengan baik saat mereka bermain.

Keamanan Taman Bermain

Faktor yang paling penting dalam mengevaluasi keamanan taman bermainbukan hanya menemukan pihak yang jual  perosotan anak Surabaya yang tepat, tetapi juga memeriksa permukaan, desain dan jarak antar set permainan yang tepat, serta inspeksi dan pemeliharaan peralatan.

Permukaan

Permukaan taman bermain yang tepat adalah salah satu faktor paling penting dalam mengurangi cedera – dan keparahan cedera – yang terjadi ketika anak-anak jatuh dari set permainan. Permukaan di bawah peralatan bermain harus cukup lembut dan cukup tebal untuk melunakkan dampak kejatuhan anak.

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Beton dan aspal tidak aman digunakan untuk permukaan taman bermain. Permukaan rumput, tanah, dan tanah yang dikemas juga tidak aman karena cuaca yang dapat mengurangi kemampuannya untuk melindungi anak-anak saat jatuh.
  • Permukaan taman bermain harus bebas dari genangan air dan puing-puing yang dapat menyebabkan anak-anak tersandung dan jatuh, seperti batu, tunggul pohon, dan akar pohon.
  • Tidak ada bahan berbahaya, seperti pecahan kaca atau logam.
  • Permukaan dapat diisi secara longgar dengan bahan-bahan seperti serpihan kayu, mulsa, pasir, kerikil, atau parutan karet. Serpihan kayu yang mengandung tembaga arsenat (CCA) tidak direkomendasikan karena bahan tersebut dapat menimbulkan potensi bahaya kesehatan.
  • Alas permukaan yang terbuat dari karet yang telah diuji keamanannya atau bahan seperti karet juga aman digunakan. Tikar karet memungkinkan akses terbaik bagi orang-orang dengan kursi roda.
  • Material permukaan berbentuk serpihan sedalam 12 inci seharusnya digunakan untuk peralatan setinggi 8 kaki. Bahan isian ini tidak harus dipadatkan karena ini akan mengurangi efek bantalan.
  • Tidak ada bahan permukaan yang dianggap aman jika gabungan antara tinggi taman bermain dan anak (berdiri di platform tertinggi) lebih tinggi dari 12 kaki.
  • Permukaan empuk harus memanjang setidaknya 6 kaki melewati alat bermain. Cakupan tambahan mungkin diperlukan, tergantung pada seberapa tinggi perosotan yang terpasang atau berapa panjang ayunan yang digunakan.
  • Jika ada isian serpihan berada diatas di permukaan yang keras (seperti aspal atau beton), isian ini harus memiliki ketebalan 3-6 inci yang berisi kerikil, lapisan kain geotekstil, lapisan yang berisi serpihan, dan kemudian karpet yang dapat menahan benturan di bawah peralatan taman bermain.

Perlu diingat bahwa bahkan permukaan yang tepat tidak dapat mencegah semua cedera. Juga, semakin tinggi set permainan yang terpasang, semakin besar kemungkinan anak-anak akan terluka jika mereka jatuh.

Karena tidak semua produsen yang jual perosotan anak Surabaya tidak memperhitungkan faktor keselamatan pada produk-produknya, Anda juga sebaiknya memeriksa set permainan yang terpasang di taman bermain sebelum anak-anak mulai bermain.