Macam-Macam Kreasi Bentuk Nasi Tumpeng Jakarta

Dalam dunia kuliner, kreativitas adalah satu hal yang tak boleh ketinggalan. Dalam pengolahan segala macam makanan, kreativitas dibutuhkan untuk menghasilkan sajian yang tak hanya lezat namun juga memiliki keindahan pada tampilannya.

Termasuk dalam pembuatan nasi tumpeng, disini Anda bukan hanya membutuhkan kemampuan atau pengetahuan resep nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya, namun juga bagaimana cara menghias nasi tumpeng itu.

Macam-Macam Kreasi Bentuk Nasi Tumpeng Jakarta

Di catering  nasi tumpeng Jakarta, sebenarnya ada banyak kreasi bentuk nasi tumpeng yang menarik dan bisa Anda contoh. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Nasi Tumpeng Kerucut Besar

Pada dasarnya nasi tumpeng kerucut besar adalah bentuk dasar atau bentuk paling umum dijumpai. Dimana sebagian besar nasi tumpeng memang dibentuk dengan bentuk kerucut besar tanpa adanya lekukan pada bagian samping atau bawah.

Bentuk nasi tumpeng ini sangat cocok digunakan untuk berbagai macam acara, mulai dari acara adat, syukuran, acara tradisional, hingga acara seperti ulang tahun atau peresmian sebuah bisnis.

Umumnya nasi tumpeng bentuk kerucut besar ini hanya memiliki hiasan pada bagian bawahnya saja, yakni berupa beragam lauk pauk yang ditata mengelilingi nasi tumpeng. Ya meski beberapa kreasi juga kerap menambahkan hiasan pada sisi samping tumpeng untuk membuatnya terlihat lebih manis.

2. Nasi Tumpeng Susun

Jika dulunya nasi tumpeng hanya berbentuk kerucut besar tanpa siku pada bagian samping/bawahnya, namun kali ini Anda juga bisa memesan nasi tumpeng Jakarta dengan model atau bentuk susun. Konsepnya sendiri hampir menyerupai kue tart susun, yakni bulatan besar pada bagian paling bawah kemudian bulatan sedang di bagian kedua dna bulatan kecil di bagian atasnya lagi.

Namun untuk tumpeng susun tetap masih membawa ciri khas nasi tumpeng, yakni menggunakan bentuk kerucut pada bagian puncaknya. Hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil yakni di atas bulatan kecil paling atas.

Untuk penataan atau hiasan pada nasi tumpeng susun biasanya jauh lebih bervariasi, sebab pada setiap siku tumpengnya dapat dipasangi bahan tambahan yang membuatnya terlihat tidak kosong. Seperti penggunaan kepang kacang panjang di antara siku tumpeng.

Kemudian ada pula yang menggunakan daun seledri dan wortel yang dibentuk bunga, sehingga tampak seperti hiasan bunga yang tumbuh merambat di sisi tumpeng. Sedangkan untuk hiasan lauk pauk di bagian bawah tak jauh berbeda dengan tumpeng kerucut besar.

Dua bentuk nasi tumpeng di atas merupakan bentuk paling banyak dipesan oleh masyarakat di catering nasi tumpeng Jakarta. Jika Anda ingin membuatnya sendiri pun pasti bisa, hanya siapkan cetakan nasi tumpengnya dan hias dengan lauk pauk serta bahan pelengkap yang telah disiapkan.

Ya sekarang ini sudah banyak cetakan nasi tumpeng yang dijual di pasaran, jadi Anda tak perlu lagi membentuknya secara manual.