Mengalami masalah? Inilah Mengapa Aktuator Daya Anda Tidak Berfungsi

Katup proses yang tidak membuka atau menutup berarti kegiatan produksi yang terhambat. Ketika mencoba untuk mengatasi masalah aktuator daya yang menghambat aktivitas produksi Anda, penyebabnya mungkin bermacam-macam.

Sebelum Anda kewalahan dengan semua kemungkinan itu, mengambil pendekatan cara lama untuk pemecahan masalah Anda mungkin menghemat banyak waktu. Di sini kita akan melihat secara sistematis dari masalah-masalah paling umum yang sering muncul pada katup dan aktuator.

Mengalami masalah? Inilah Mengapa Aktuator Daya Anda Tidak Berfungsi

Apakah Masalahnya Pada Katup atau Aktuator?

Seperti yang Anda ketahui, kedua bagian dari sistem pipa ini merupakan kombinasi dari katup fisik, dan aktuator daya yang menggerakkan katup ke posisi yang berbeda. Langkah pertama dalam pemecahan masalah ini  adalah  mengetahui apakah katup macet karena sesuatu yang fisik atau mekanis, atau apakah aktuator gagal menggerakkan katup.

Biasanya, cara tercepat untuk mengetahuinya adalah dengan melepas aktuator dan berusaha menggerakkan batang katup dengan tangan. Saat aktuator dilepas, Anda juga harus berusaha mengaktifkannya tanpa beban katup itu sendiri.

Setelah Anda menentukan apakah masalahnya terletak pada katup atau aktuator, setengah dari masalahnya selesai.

Jenis Aktuator Daya

Ada  tiga jenis utama  aktuator daya: listrik, pneumatik (dioperasikan udara), dan fluida

(dioperasikan hidrolik). Setiap jenis aktuator daya  memiliki protokol pemecahan masalah yang berbeda. Masalah dapat menjadi semakin rumit karena panduan perbaikan untuk setiap jenis aktuator daya berbeda, tergantung pada ukuran dan jenis katup yang ingin dipindahkan.

Masalah umum

Untuk membuat proses produksi Anda berjalan lagi, mulailah perbaikan dari penyebab masalah yang sederhana dan paling umum. Dalam lingkungan industri, lihat faktor-faktor lingkungan sebelum Anda mulai membongkar aktuator. Apakah lingkungan disekitar aktuator memiliki suhu yang ekstrem, kelembaban, atau lingkungan yang korosif?

Proses itu sendiri juga bisa menjadi faktor lingkungan. Jenis bahan apa yang mengalir melalui katup? Apakah fluida tersebut yang perlu tetap pada suhu yang lebih tinggi, tetapi mengental ketika didinginkan?

Salah satu dari proses fisik atau faktor lingkungan ini dapat menjadi masalah besar dalam sistem, sehingga menimbulkan kerusakan pada peralatan. Jika Anda telah memeriksa faktor-faktor tersebut dan menemukan bahwa masalahnya ada di dalam aktuator itu sendiri, lihat penyebab-penyebab kerusakan yang paling umum ini:

  • Batang katup yang aus: jika katup bebas dan aktuator bergerak, periksa sambungan ke batang katup – kemungkinan besar masalahnya terletak pada mur penggerak. Jika batang katup atau roda gigi aus, aktuator tidak dapat memutar batang katup. Pastikan katup Anda tetap
  • Periksa kontaminan dalam aktuator pneumatik, seperti air di saluran udara, atau filter yang tersumbat.  Juga, pastikan bahwa Anda memiliki tekanan udara yang memadai.
  • Periksa semua segel dalam aktuator pneumatik dan hidrolik untuk memastikan tidak ada cairan atau udara keluar di tempat yang seharusnya, menyebabkan kurangnya tekanan.
  • Periksa operasi solenoida yang benar yang mengontrol cairan atau udara yang mengoperasikan aktuator.
  • Pastikan posisi awal dan akhir  masih benar dalam aktuator rotari listrik. Jika Anda pernah mengalami selip sebelumnya atau masalah mekanis lainnya, aktuator daya Anda mungkin mencapai batas penggunaan dini.
  • Jika bisa, paksa aktuator listrik berjalan dengan kontrol  atau PLC. Cara ini akan menghilangkan masalah seperti motor stepper yang gagal, panas berlebih, sekering, dengan cepat.

 

Berpikirlah Sederhana

Ada ratusan kemungkinan penyebab kegagalan katup / aktuator. Cobalah berpikir sederhana dengan mencari penyebab yang jelas terlebih dahulu. Aktuator daya jarang rusak sendiri atau karena cacat manufaktur. Pendekatan pemecahan masalah yang sederhana ini sering kali akan menjadi penghemat waktu yang besar dalam proses perbaikan.

Jika Anda masih kesulitan, tidak ada salahnya untuk menghubungi distributor valve murah untuk menemukan pengganti yang sesuai dengan sistem pipa Anda. distributor valve murah juga dapat memberikan bantuan teknis jika Anda kesulitan dalam proses perbaikan.