Mitos Jerawat yang Perlu Anda Ketahui Saat Melawan Jerawat

Ada banyak kesalahpahaman tentang jerawat  yang tidak akan hilang — meskipun bukti ilmiah sebaliknya. Sumber-sumber mitos ini jauh dari dapat diandalkan dan dalam beberapa kasus akar mereka bahkan tidak dapat dilacak. Kini informasi mengenai jerawat didasarkan pada ilmu pengetahuan dan puluhan tahun pengalaman dokter kulit, dan cara ampuh untuk mendapatkan kulit yang bersih adalah penggunaan produk perawatan jerawat secara rutin.

mitos jerawat yang perlu Anda ketahui saat melawan jerawat

Jerawat disebabkan oleh kotoran

Kulit kita dirancang untuk bertindak seperti perisai yang melindungi tubuh kita dari bahan kimia, mikroorganisme, dan penyerang berbahaya lainnya yang berpotensi kita temui saat kita menjalani hari. Pemeriksaan menggunakan mikroskop akan mengungkapkan “kotoran” yang tak terhitung jumlahnya yang tak terlihat oleh mata telanjang. Tapi tidak seluruh tubuh kita dipenuhi jerawat bukan?

Faktanya, jerawat terjadi saat pori-pori tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati, yang memungkinkan bakteri P. acnes tumbuh dan berkembang. Jika Anda berpikir mencuci muka untuk menghilangkan kotoran yang menempel akan mencegah timbulnya jerawat , tebak lagi. Mencuci wajah secara berlebihan hanya akan membuat kulit Anda kering, teriritasi, dan tidak nyaman.

Cokelat menyebabkan jerawat

Mitos jerawat yang membandel ini dapat ditelusuri kembali ke satu penelitian ilmiah mengenai cokelat yang diterbitkan pada tahun 1965. Tetapi yang tidak diketahui kebanyakan orang adalah bahwa penelitian ini sangat cacat. Studi ini gagal memasukkan analisis statistik, kelompok kontrol dan tindak lanjut. Lebih buruk lagi, dua studi tambahan tentang efek cokelat pada jerawat diterbitkan pada tahun 1969 dan 1971. Studi ini juga memiliki masalah besar dengan desain dan pelaporan mereka, sehingga sama sekali tidak ada bukti ilmiah yang valid yang menghubungkan cokelat dan jerawat . Ada TETAPI di sini, meskipun diet tinggi gula telah dikaitkan dengan jerawat, namun menuruti keinginan cokelat Anda dalam jumlah sedang tidak akan membuat kulit Anda berjerawat.

Makanan berminyak menyebabkan jerawat

Gorengan mendapatkan reputasi buruk ketika berhubungan dengan jerawat , tetapi tidak ada hubungan yang terbukti antara makan makanan berminyak atau tinggi lemak dan berjerawat. Tentu, ada banyak pilihan makanan sehat lainnya, tetapi jika Anda lebih khawatir tentang jerawat daripada pinggang Anda, silakan manjakan diri Anda.

Pasta gigi adalah pengobatan jerawat yang efektif

Sekali lagi, yang ini tidak 100 persen salah, tetapi itu kembali ke masa ketika pasta gigi diformulasikan dengan zinc — yang telah terbukti dapat mengatasi jerawat. Hari ini, Anda tidak mungkin menemukan zinc dalam pasta gigi Anda, dan Anda kemungkinan besar akan mengalami kekeringan dan iritasi jika Anda mengoleskannya di kulit Anda.

Menyentuh wajah Anda menyebabkan jerawat

Kita semua memiliki rata-rata 150 jeni bakteri yang berbeda di telapak tangan kita, kecuali jika Anda tipe orang yang memiliki kebiasaan kompulsif untuk mencuci tangan setiap saat. Uniknya, semua jenis bakteri ini tidak menimbulkan jerawat pada kulit.

Pengingat: Jerawat terbentuk ketika pori-pori yang tersumbat terjangkit oleh bakteri P. acnes. Menyentuh wajah Anda mungkin tidak menyebabkan jerawat , tetapi bakteri di tangan Anda dapat menyebabkan infeksi jika Anda mencoba meletuskan jerawat atau mencabut kulit yang terkelupas.

Bercukur menyebabkan jerawat

Jika Anda melihat apa yang menurut Anda adalah jerawat setelah bercukur, kemungkinan besar Anda mengalami rambut yang tumbuh ke dalam daripada jerawat . Kabar baiknya adalah, mencuci jerawat  dapat membantu meminimalkan efek samping ini dengan mengelupas lapisan kulit paling atas agar rambut tidak terjebak.

Komedo disebabkan oleh kotoran di pori-pori Anda

Berlawanan dengan kepercayaan umumnya, penyebab warna hitam komedo sama sekali bukan karena kotoran. Komedo terbentuk ketika minyak dan sel kulit mati di pori-pori menjadi gelap ketika mereka bereaksi dengan oksigen di udara.

Pembersihan dalam upaya menghilangkan kotoran tidak akan mencegah komedo, dan cara terbaik untuk meminimalkannya adalah dengan menjaga pori-pori tetap bersih dengan menggunakan produk asam salisilat  yang membantu pengelupasan sel kulit mati.

 

Untuk mendapatkan produk yang tepat untuk berbagai masalah kulit Anda, percayakan saja pada Nu Amoorea. Dengan berbagai produk unggulannya, Anda akan mendapatkan kulit sehat dan cantik seperti yang Anda impikan.