Refugium Akuarium Air Laut atau Terumbu Karang

Apa itu refugium?

Refugium adalah akuarium kecil yang berada di sebelah atau digantung di aquarium air laut atau karang. Refugium semakin banyak digunakan oleh penyuka aquarium untuk terus-menerus mengalirkan air ke dalam dan keluar dari tangki yang ada. Refugium biasanya mengandung batu aragonit, makroalga, dan dasar pasir atau lumpur. Refugium adalah representasi terbaik tentang bagaimana nutrisi ditangani di alam. Refugium menciptakan kembali, dalam skala kecil, padang lamun yang umumnya ditemukan dalam kaitannya dengan terumbu alami.

Refugium Akuarium Air Laut atau Terumbu Karang

Bagaimana cara kerja refugium?

Dengan refugium, detritus, dan makanan yang tidak dimakan mengendap di dalam batu dan pasir yang dalam, tempat krustasea mikro seperti amphipoda dan copepoda akan memakannya. Hasilnya, kualitas air akuarium dijaga dengan cara yang alami dan efisien. Ketika mikro krustasea berkembang biak, mereka menyediakan sumber makanan alami dan meningkatkan keanekaragaman hayati akuarium.

Makroalga, biasanya dari genus Caulerpa, tumbuh di atas batu dan pasir. Karena makroalga memanfaatkan nutrisi di dalam air, maka makroalga membantu level ini tidak menjadi masalah untuk membantu mengurangi jumlah perubahan air yang diperlukan.

Ketika refugium menyala pada jadwal pencahayaan yang berlawanan dengan akuarium utama, refugium memberikan oksigen esensial selama jam malam ketika akuarium utama tidak menyala, sehingga mengurangi fluktuasi pH malam hari.

Apa manfaat dari refugium?

Refugium memberikan banyak manfaat bagi aquarium air laut atau terumbu. Refugium:

  • Menyediakan penghuni aquarium sumber makanan alami seperti fitoplankton dan zooplankton
  • Menyaring air secara alami (secara dramatis menurunkan kadar nitrat dan fosfat) dan mengurangi frekuensi perubahan air yang diperlukan
  • Menstabilkan kondisi air (terutama tingkat oksigen dan pH)
  • Bantu mengendalikan pertumbuhan alga di aquarium yang ada
  • Menambahkan elemen jejak kembali ke air aquarium yang ada
  • Berfungsi sebagai tangki aklimatisasi sementara bagi penghuni baru
  • Mungkin dapat membantu sistem kekebalan ikan (berspekulasi bahwa banyak spesies makroalga melepaskan senyawa ke dalam air yang meningkatkan kekebalan pada ikan)
  • Setelah pengembangan, memberikan nilai estetika yang cukup ke sistem

Apa sajakah jenis refugium?

Refugium dapat dimasukkan ke dalam sistem aquarium dengan berbagai cara. Alat ini dapat ditempatkan di atas, di bawah, di sepanjang sisi, atau bahkan di dalam aquarium.

Hang-in refugium: Ini adalah akuarium yang berdiri sendiri yang didirikan di atas, di bawah atau di samping akuarium tampilan utama.

Hang-on dan internal refugium: Ini adalah kotak akrilik yang menggantung di luar akuarium primer, seperti AquaFuge External Hang-on Refugium, atau kotak akrilik kecil yang menempel pada dinding interior akuarium primer, seperti In-Tank Refugium. Refugium internal yang lebih besar juga dapat dibangun dengan menggunakan lembaran kaca untuk mempartisi bagian akuarium.